“Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”

Semboyan itu selalu dibunyikan oleh para pejuang kita terdahulu dalam rangka meraih kemerdekaan Indonesia. Persatuan itu terjadi di dalam kemajemukan bangsa ini dengan beragam suku, agama dan ras. Semangat itu lah yang melatarbelakangi berdirinya ASOSIASI PETANI KELAPA SAWIT INDONESIA (APKASINDO).

Pada tahun 2000, di Palembang, melalui inisiatif dan fasilitasi Kementerian Pertanian, Cq Direktorat Jenderal Perkebunan, dibentuklah suatu wadah pemersatu seluruh petani kelapa sawit indonesia, wadah untuk seluruh petani, tidak membedakan suku, agama dan ras, tidak membedakan kelompok dan koperasi, dan juga tidak membedakan petani sawit pola plasma dan petani pola swadaya, wadah ini bernama ASOSIASI PETANI KELAPA SAWIT INDONESIA (APKASINDO).

Pembentukan APKASINDO ini dihadiri oleh perwakilan petani sawit dari provinsi-provinsi penghasil sawit di indonesia, mereka menetapkan satu visi yang besar yaitu Menghantar Indonesia sebagai penghasil kelapa sawit terkemuka di dunia melalui pemberdayaan sumber daya, teknologi dan industri secara berkesinambungan yang berwawasan lingkungan.

Kepengurusan APKASINDO sudah tersebar di 22 provinsi dan 117 kabupaten penghasil sawit di indonesia, mulai dari ujung barat Provinsi Aceh sampai ke ujung timur Provinsi Papua dan ke ujung utara provinsi Kalimantan Utara, dan tentu juga provinsi Banten sebagai wakil dari Pulau Jawa.

APKASINDO merupakan organisasi profesi petani sawit yang disahkan oleh Kementerian Dalam Negeri cq Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum dan berbadan hukum SK  Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-0010450.AH.01.07.TAHUN 2019. APKASINDO merupakan pendiri Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) dan Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (GAPPERINDO).

Tujuan

  1. Mempersatukan masyarakat petani kelapa sawit di seluruh indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan yang merata bagi petani.
  2. Membangun ekonomi kerakyatan di pedesaan dengan menumbuh kembangkan usaha petani kelpa sawit yang berwawasan lingkungan dan
    bermanfaat bagi seluruh komponen bangsa untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.
  3. Meningkatkan dan memberdayakan SDM petani kelapa sawit agar menguasai ilmu dan teknologi (IPTEK) pertanian modern.

Visi

Menghantar Indonesia sebagai penghasil kelapa sawit terkemuka di dunia melalui pemberdayaan sumber daya, teknologi dan industri secara berkesinambungan yang berwawasan lingkungan

Misi

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya petani dalam upaya penerapan paket teknologi baru kelapa sawit sehingga lebih efisien dan berdaya guna.
  2. Mendorong para pelaku usaha produksi kelapa sawit sehingga terciptanya suatu sinergi yang terintegrasi dalam sistem agribisnis.
  3. Membantu mewujudkan hak-hak para petani di sekitar perusahaan perkebunan untuk mendapatkan pembangunan kebun sawit masyarakat minimal 20% dari total luas areal yang diusahakan perusahaan perkebunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani sawit secara nyata.
  4. Memberikan perlindungan Advokasi hukum kepada petani kelapa sawit di seluruh wilayah Republik Indonesia.